Rasakan Bakmi Halal Khas Pontianak di Pak Usu yang Menggelitik Usus. Enak!

Mamak pergi bersama anak,
mereke pergi menuju Tayan.
Ayo kite datang ke Pontianak,
banyak makanan yang buat ngenyan.

*ngenyan=keenakan, ketagihan, doyan.

Berbicara soal Pontianak, apa yang terlintas di pikiran teman-teman? Panaskah? Makanan yang lezat, atau hantu berambut panjang yang kita kenal sebagai kuntilanak? Nah, ada beberapa jawaban teman-teman saat kutanyai tentang Pontianak, sebagian besar mereka menjawab hantu! Hahaha. Namun jangan salah, Pontianak juga dikenal sebagai surga kuliner bagi food enthusiast. Banyak sekali makanan yang bisa menggoyang lidah sampai menggelitik usus. Bagi para pelancong yang berdatangan ke Pontianak harus mencoba makanan khas Pontianak jika tak ingin merugi. Dari sekian banyak makanan yang bikin ngenyan di lidah, salah satu yang menarik perhatianku adalah bakmi kepiting.

 
Bakmi kepiting Pak Usu yang juara di lidah! Bisa dimakan dengan atau tanpa menggunakan kuah kaldu ya, sama-sama enak!
Bakmi Kepiting Khas Pontianak ini menjadi salah satu kuliner yang diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara jika berkunjung ke Pontianak karena kelezatannya. Namun, selama ini wisatawan khususnya teman-teman muslim agak kesusahan mencari bakmi kepiting yang halal karena sebagian besar yang menjual bakmi kepiting menggunakan bahan-bahan yang non halal. Eits, jangan sedih dulu. Bakso dan Bakmi Pak Usu menawarkan solusinya! Kini teman-teman semua bisa makan Bakmi Kepiting Khas Pontianak yang lezat dan halal. Asiiiiik!
 
Ade teh ade susu,
ade emak ade anak.
Cobelah kitak ke Pak Usu,
bakmi kepitingnye halal dan enak.

Bakmi Kepiting Khas Pontianak di Bakso dan Bakmi Pak Usu ini banyak sekali isinya yaitu ada bakmi, bakso ikan, potongan ayam, kacang kedelai, telur dadar iris, daun seledri yang menambah aroma wangi bakmi dan tentunya suwiran kepiting. Rasanya kurang afdol kalau makan bakmi tidak dengan pangsitnya, supaya krauk krenyes gitu. Bakmi kepiting ini bisa dimakan dengan kuah kaldu ataupun kering begitu saja, sama-sama enak kok! Isi bakminya banyak, bakso ikannya ada tiga buah, potongan ayamnya banyak, kacang kedelai menambah gurih, telur dadar irisnya bejibun, dan suwiran kepitingnya nggak main-main, banyaaak banget ditambah potongan capit kepiting bikin puas. Selain kenyang, hatiku sangat senang memakannya. Bagiku yang memiliki perut karet, seporsi ini dijamin kenyang! Serius deh. Oh iya, jika teman-teman sedang menghindari kepitung karena kolesterolnya yang cukup tinggi, teman-teman juga bisa memesan bakmi biasa alias bakmi tanpa kepiting. Enaknya juga sama-sama luar biasa! Bakminya diolah sendiri lho, waktu itu aku dan teman-teman Blogger Pontianak mendapatkan kesempatan berharga untuk melihat proses pembuatan bakmi secara langsung oleh kokinya. Aku baru tahu ternyata pembuatan bakmi seperti itu ya, aku sangat terkesima dengan cara pembuatannya sekaligus pembuatnya hehehe. Menggunakan alat yang canggih dan bahan-bahan berkualitas tinggi membuat tekstur bakminya empuk dan enak saat dikunyah. Pastinya, kebersihan pengolahannya menjadi prioritas utama dong.

Yang di belakang namanya Pak Usu, yang di depan namanya Mak Usu. Hehehehe.
Proses pembuatan bakmi


Kehalalan Bakmi dan Bakso Pak Usu jangan diragukan lagi, terjamin kehalalannya karena sudah tersertifikasi oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Teman-teman boleh cek di website hahalmui.org, biar makin yakin kalau Bakso dan Bakmi Pak Usu ini halal, hubungan kita aja yang belum halal. Kenapa sih ‘kehalalan’ sangat penting bagi seorang muslim? Karena makanan yang halal akan membawa berkah bagi tubuh dan hati agar senantiasa berbuat baik. Jadi, jangan pernah meremehkan kehalalan suatu makanan ya guys!

Logo halal dari MUI yang masih berlaku hingga Agustus 2020. Silakan cek di website halalmui.org ya!

Seperti halnya ada bumi, ada langit. Ada hitam, ada putih,. Ada kanan, ada kiri. Ada kamu, ada aku *eh. Ada bakmi kepiting, ada es jeruk sengkit. Es jeruk sengkit ini menjadi pelepas dahaga di saat makan bakmi, rasanya asam manis, aku sampai minum dua gelas kemarin! Hehehe. Sensasinya segar sekali, bikin nagih. Jika teman-teman pengen minum es jeruk sengkit di rumah, Bakso dan Bakmi Pak Usu juga menyediakan sirup jeruk sengkit dalam kemasan botol serta camilan "Ops Banana" yang terbuat dari pisang. Cocok untuk menemani saat santai ataupun kerjamu. Ini semua nikmat dunia yang tak bisa ditolak, guys!


Es jeruk sengkit yang rasanya nano-nano! Asam manis segaaaar, kalian mesti cobain nih!

Produk UMKM Pak Usu, cocok dijadikan oleh-oleh khas Pontianak
Namanya manusia apalagi orang Pontianak, pastinya ingin selalu cari untung. Nah, aku mau beberkan beberapa keuntungan dan keunggulan yang didapatkan jika kita makan di Bakmi dan Bakso Ayam Pak Usu. Apa saja sih?
1. Posisi Strategis
Lokasi Bakso dan Bakmi Pak Usu sangat mudah ditemui karena posisinya yang sangat strategis yaitu di Jl. Putri Candramidi, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Siapa sih yang nggak kenal Jl. Putri Candramidi atau yang biasa kita kenal Jl. Podomoro? Di sepanjang jalan ini teman-teman banyak sekali menjumpai cafe dan warung kopi, nah Bakso dan Bakmi Pak Usu ini berada di sebelah kiri jika kita masuk lewat Jl. Sutan Syahrir Abdurrahman. Nuansa bangunan dan ornamen yang serba merah memudahkan sekali membuat kita ngeh, jadi nggak susah buat teman-teman turis untuk mencarinya. Jika kesulitan, tanyakan pada Peta Dora teman ataupun google maps ya! 

Cara gampang menuju Bakso dan Bakmi Pak Usu
2. Parkir yang cukup luas
Jika teman-teman pergi berkunjung ke Bakmi dan Bakso Pak Usu menggunakan motor, sangat bisa karena lahan parkir yang luas. Menurut penerawanganku cukup untuk menampung >70 buah motor, dan jika teman-teman menggunakan mobil bersama keluarga atau rombongan juga bisa, tersedia lahan parkir untuk mobil juga. Namun tetap kusarankan teman-teman menggunakan kendaraan umum ya, atau menumpang kawan, biar nggak menuh-menuhin jalan raya dan mengurangi polusi kendaraan bermotor hehehe. 

Lahan parkir luas dan lampu yang terang benderang
3. Pelayanan yang ramah
Keramahan pramusaji Bakso dan Bakmi Pak Usu membuat kita auto tersenyum karena selain ramah, mereka juga pada cakep-cakep! Hehehe. Melayani dengan sepenuh hati dan kesabaran tingkat tinggi, bikin teman-teman tak sungkan bertanya ataupun meminta tolong pada pramusaji. Selain itu, kokinya juga ramah lho! Kemarin aku dan teman-teman diizinkan untuk melihat mereka memasak karena dapurnya memang bisa dilihat oleh pelanggan.

Salam penyambutan khas Pontianak. Awak Datang Kamek Sambot!
Pramusaji yang ramah dan cakep!
Kokinya juga nggak kalah cakep hihihi
4. Pemesanan Berbasis online mengurangi kesalahan dalam pencatatan menu.
Saat memasuki Bakso dan Bakmi Pak Usu, di sebelah kanan terdapat layar pemesanan yang terintegrasi dengan layar di kasir jadi sangat meminimalisir kesalahan dalam pencatatan pemesanan. Setelah memesan di layar, teman-teman akan mendapatkan struk antrian setelah itu bayar di kasir deh. Bakso dan Bakmi Pak Usu terbuka dengan kemajuan zaman ya, ini merupakan salah satu tanda revolusi indrustri 4.0. Di layar ini  tersedia daftar menu lengkap beserta harganya, pokoknya lewat ujung jari, pemesanan beres.

Lewat ujung jari, pemesanan beres!
Layar dan menu yang lengkap. Canggih nih.
5. Tempat yang nyaman, luas, bersih dan photoable
Tempatya cukup luas, tersedia banyak kursi dan meja. Nuansa merah pada bangunan menambah selera makan. Selain itu, terdapat tampah yang sudah dilukis dengan berbagai motif tergantung indah sebagai penghias langit-langit outlet. Photoable banget pokoknya! Teman-teman semua juga diizinkan untuk melihat proses penyajian bakso dan bakminya karena dapurnya terbuka dan berada di depan outlet, jadi bagi yang penasaran bisa langsung lihat asal jang terlalu dekat ya, ntar kokinya salting. Eh, nggak gitu sih nanti takut teman-teman terkena panas alat-alat memasak. Penasaran boleh, tapi perhatikan keamanan ya guys! Selain luas, nyaman, dan photoable, tempatnya juga super bersih. Kita nggak akan lihat ada sampah yang berserakan, karena sudah tersedia tempat sampah yang dibedakan menjadi tempat sampah organik dan non organik. Wah, aku suka banget, jarang sekali ada restoran yang memperhatikan detail seperti ini. Bakso da Bakmi Pak Usu memang oke punya!

Luas, bersih, dan nyaman. Photoable banget!
Ornamen yang unik sangat menarik perhatianku. Gemes, pengen bawa pulang!
Tong sampah yang dibedakan menjadi organik dan non organik
Jika tak ingin ketinggalan info seru dan makan dengan potongan harga, buruan download aplikasi Ayam Pak Usu di Google Playstore. Aplikasi ini menjadi pengganti sistem poin manual sebelumnya yang biasa memakai kertas, sekarang menjadi online. Wuiiih makin mudah dan canggih aja ya! Caranya juga gampang banget kok, dengan aturan sebagai berikut:
1. Dapatkan poin 10.000 jika teman-teman download aplikasinya untuk pertama kali.
2. Poin promo hanya berlaku selama tiga bulan.
3. Aplikasi hanya memberikan poin untuk cashback, tidak dapat diuangkan.
4. Penggunaan poin untuk transaksi, minimal 10.000 poin (berlaku untuk kelipatan) keterangan; 10.000 poin, 20.000 Poin, 30.000 poin, 40.000 poin, 50.000 poin dan seterusnya.
5. Maksimal penukaran poin sebesar 200.000 poin dalam satu kali transaksi.
6. Setiap transaksi dengan jumlah Rp 50.000,- kamu akan mendapatkan bonus 5000 Poin (berlaku untuk kelipatan) Dengan keterangan:

- Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
- Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
- Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
- Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
- Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)

7. Masa berlaku penggunaan poin aplikasi Ayam Pak Usu akan berakhir di setiap akhir tahunnya (31 Desember).
8. Poin tidak dapat diuangkan dengan alasan apapun.
9. Aplikasi hanya berupa informasi ya, tidak bisa order di aplikasi.

10. Pengguna aplikasi wajib menaati peraturan yang diberlakukan oleh setiap Outlet Ayam Pak Usu.

11. Aplikasi Ayam Pak Usu berhak melakukan tindakan Pemblokiran Akun, jika pengguna melakukan tindakan kecurangan atau penyalahgunaan terhadap aplikasi Ayam Pak Usu.
12. Aplikasi Ayam Pak Usu dilindungi Undang-Undang ITE.
13. Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ayam Pak Usu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
14. Tidak berlaku untuk Outlet Ayam Pak Usu Mitra Medika.
 
Buruan download aplikasinya, dapatkan keuntungannya!
Teman-teman, selain aplikasi, Pak Usu ini sangat eksis di sosial media hihihi. Silakan difollow instagramnya @ayam.pakusu dan like fanspagenya di Ayam Pak Usu dan link aplikasinya di sini.
Oh iya, Bakso dan Bakmi Pak Usu ini memiliki ‘saudara’ di mana-mana loh guys! Diantaranya yaitu:
1. Ayam Pak Usu Merdeka, Jl. Merdeka
2. Ayam Pak Usu Sumatera, Jl. M.Sohor
3. Ayam Pak Usu Ayani, Ayani Megamall lantai 2
4. Ayam Pak Usu Mitra Medika, lantai dasar, Jl. Sutan Syahrir Abdurrahman
5. Pondok Ale-ale Transmart, Lantai dasar
6. Pondok Ale-ale Ayani, Ayani Megamall lantai 1
7. Pondok Ale-ale Sutoyo, Jl. Sutoyo

Sebentar lagi juga ada Pontianak Creative & Culinary Festival 2019, dan Pak Usu hadir di sana pada tanggal 16-20 Oktober 2019 di halaman parkir Ayani Megamall Pontianak. Catat tanggal dan tempatnya ya! Jangan kelupaan. Kalau nggak mau pergi sendiri, bareng aku juga bisa hehehe see you there!




You Might Also Like

0 Comments